5 Bentuk Rumah Minimalis Terunik di Dunia

Rumah Minimalis – Setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda. Bisa mewujudkan rumah idaman dengan desain dan tata letak sesuai selera, pasti akan lebih membahagiakan pemiliknya.

Banyak arsitek bereksperimen, menciptakan bangunan dengan gaya baru. Bahkan benar-benar baru dan tidak pernah diterapkan sebelumnya. Pada saat sekarang ini, semua itu masih mungkin untuk diwujudkan Rumah Minimalis. Tentunya dengan memenuhi segala sumber daya  yang dibutuhkan.

Ada beragam jenis desain rumah, salah satunya adalah rumah minimalis. Rumah minimalis bisa diartikan sebagai rumah sederhana. Walaupun sederhana, bukan berarti rumah minimalis tidak bisa terlihat elegan. Dengan sedikit sentuhan, rumah sederhana pun bisa tampak lebih indah.

Beberapa desainer dari berbagai negara telah mengembangkan konsep hunian minimalis yang unik dan langka. Berikut 5 rumah minimalis dengan arsitektur paling nyentrik dan bisa Anda coba wujudkan sendiri.

5 Bentuk Rumah Minimalis Terunik di Dunia

  1. Four-Cornered Villa

Four-Cornered Villa Rumah Minimalis

Perusahaan arsitektur Avanto asal Finlandia, membangun sebuah villa dengan empat sudut yang mengarah ke empat penjuru angin. Seluruh eksteriornya terbuat dari kayu, didirikan di tengah hutan di dekat dana Vaskivesi, Finlandia. Pengerjaannya berlangsung selama 2 tahun, dengan total luas 78 meter persegi.

Villa ini menghadap ke dua arah, yaitu timur dan utara. Bila disaksikan dari atas, bentuknya menyerupai logo palang merah yang tidak simetris.

Akan sulit mengenalinya jika dilihat dari luar, terutama dari arah danau. Karena cat berwarna hitam gelap sepenuhnya disematkan pada dinding bagian luar.  Namun saat memasukinya, suasana akan berubah drastis. Kontras, interior rumah ini seluruhnya berwarna putih. Mulai dari dinding, sampai perabotannya.

Atapnya datar, yang merupakan ciri khas arsitektur modern. Rumah minimalis ini berkonsep ramah lingkungan. Listrik disuplai oleh tenaga matahari, dan dibangun di wilayah sekitar danau yang subur.Rumah ini cocok untuk beristirahat, menghindar dari hiruk pikuknya kota yang membikin stres.

  1. Tea House

Tea House Rumah Minimalis

Tea House, atau ‘Rumah Minum Teh’ juga memiliki desain dengan konsep ramah lingkungan. Kali ini arsitek asal Amerika Serikat mendirikan sebuah hunian di atas bukit.Kemiringan bukit bukan halangan, malah menjadi tantangan baginya.

Pembangunan rumah minimalis ini dilakukan dengan cara ‘ditanam’. Elemen intinya berupa beton cor yang ditanam di tanah untuk mengatasi kemiringan lereng perbukitan. Beton ini berfungsi sebagai penyangga yang membuat rumah ini tampak melayang di atas tanah.

Lantai dan atapnya terbuat dari baja, membentuk kubus yang salah satu sisinya membingkai sebidang kaca tebal menghadap lereng bukit. Pemandangan lereng bukit bisa disaksikan saat berada di dalam rumah ini.

Salah satu Rumah Minum Teh karya Swatt Miers Architects ini terdapat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Seperti diketahui bahwa Silicon Valley merupakan pusat perusahaan-perusahaan komputer dan semikonduktor besar dunia.

  1. Inside Out House

Inside Out House Rumah Minimalis

Konsep hunian minimalis ini adalah membawa sensasi berada di luar ruangan, di dalam rumah. Arsitek Takeshi Hosaka merancang sebuah rumah yang berada di sisi jalan. Lokasi tersebut berbentuk persegi yang satu sisinya tidak teratur. Maka kemudian rumah ini dibangun mengikuti bentuk kavling tanahnya.

Seluruh eksterior tempat tinggal sepasang suami istri ini berwarna putih, dengan pintu terbuat dari kayu. Di dalamnya terdapat dua kubus bersusun. Kubus bagian bawah berfungsi sebagai kamar mandi dan kamar tidur. Sedangkan kubus bagian bawah dijadikan sebagai ruang tamu.

Selain kedua kubus tersebut, selebihnya merupakan ruangan bebas. Karena rumah ini memang dirancang pula sebagai tempat tinggal dua ekor kucing peliharaan.

Terdapat beberapa bidang persegi yang dibiarkan berlubang. Gunanya, agar cahaya matahari dan air hujan dapat masuk. Ini untuk memperkuat sensasi berada di luar ruangan yang menjadi ide utama dari rumah minimalis di Jepang ini.

  1. NA House

NA House Rumah Minimalis

Masih di Jepang, rumah minimalis yang satu ini terletak di Tokyo. Bangunannya terdiri dari beberapa lantai, danmasing-masing lantai tidak memiliki ketinggian yang sama.

Yang unik dari rumah ini adalah desainnya yang transparan. Eksteriornya berbahan kaca tebal yang dibingkai rangka-rangka baja berwarna putih. Ini membuat suasana rumah akan tampak jelas dari luar. Bagian dalamnya pun tidak dibatasi oleh sekat, sehingga para penghuninya tidak akan bisa menyembunyikan suara apapun.

Sou Fujimoto Architechts merupakan perancang rumah transparan ini. Tidak terbayang bagaimana rasanya hidup di rumah yang nyaris tanpa privasi.

  1. The Keret House

The Keret House Rumah Minimalis

Bisa jadi The Keret House ini adalah rumah paling sempit di dunia, karena dibangun di celah-celah antara dua gedung tinggi di Warsawa, Polandia. Perancangnya adalah Jakub Szczesny, arsitek asal negara itu.

Keret House memiliki bagian terlebar hanya sebesar 152 sentimeter, dan bagian tersempit sekitar 90 sentimeter. Saking sempitnya, rumah paling minimalis di dunia ini hanya mampu menampung satu orang saja. Tersedia ruangan lengkap untuk seorang penghuni, antara lain dapur, ruang kerja, kamar tidur, kamar mandi, bahkan ruang makan.

Sebenarnya rumah paling nyentrik ini awalnya hanya merupakan sebuah konsep proyek seni instalasi. Jakub Szczesny menggagas ide ini pertama kali pada Festival WolaArt di Warsawa tahun 2009. Selang tiga tahun kemudian, proyek ini pun bisa diselesaikan.

Nama ‘Keret’ sendiri diambil dari nama penghuni pertama rumah tersebut, yaitu Etgar Keret, seorang penulis berkebangsaan Israel.

Anda perlu menyadari, bahwa lambat laun jumlah lahan kosong akan semakin sedikit. Semakin lama, ukuran rumah manusia akan semakin kecil. Jenis material pembuatnya pun akan lebih beragam.  Lagipula manusia modern suka akan hal-hal yang praktis.

Karenanya, kini semakin banyak orang menyukai perumahan minimalis. Bukan tidak mungkin, desain tempat tinggal yang simpel akan menjadi tren sampai beberapa tahun yang akan datang.