6 Tips Penting dalam Sewa Apartemen

Advertisement

Sewa Apartemen dan memiliki hunian tersendiri untuk pertama kali adalah hal yang menyenangkan, tetapi perlu diingat bahwa Anda harus menahan diri dan Anda harus menghormati pemilik atas tempat yang sewa. Beberapa orang tidak memahami kedua hal ini dan meninggalkan apartemennya dikarenakan percekcokan dengan pihak pemilik. Tidak hanya itu, perselihan yang terjadi dapat mengurangi daya sewa Anda di masa mendatang. Berikut adalah petunjuk singkat bagi Anda yang belum pernah sewa apartemen, 6 tips penting menjadi penyewa apartemen yang baik, tetap memiliki catatan yang baik di mata pemiliki apartemen,dan mendapatkan kembali uang pangkal Anda pada akhir sewa.

Sewa Apartemen

Sewa Apartemen

  1. Hargai Apartemen Anda

Kebanyakan penyewa baru berasal lingkungan rumahan, sehingga hal ini dapat membuat si penyewa menjadi canggung dan tidak memiliki pengendalian diri di tempat ia tinggal sekarang. Jangan memperlakukan hunian baru Anda layaknya rumah Anda sendiri, dan tetaplah ingat bahwa masalah apapun yang muncul akan mengarah pada Anda. Pemilik apartemen mungkin dapat memperbaiki segala kerusakan tetapi biaya dari perbaikan itu diambil dari uang pangkal anda, yang mungkin Anda butuhkan untuk memperpanjang sewa Anda.

  1. Hormati Orang Lain

Tak ada seorang pun yang ingin tinggal bersebelahan dengan seseorang yang membuat mereka selalu terjaga ketika hendak tidur. Menimbulkan keluhan-keluhan karena kebisingan, membuang sampah sembarangan atau melakukan hal lainnya yang mengganggu tetangga atau teman hunian Anda menyebabkan pemilik apartemen mengusir Anda atau bahkan dapat menyeret Anda ke ranah hukum. Baca dengan seksama perjanjian sewa untuk memahami aturan dan ketentuan yang ada, carilah kapan waktu yang memperbolehkan kebisingan dan patuhi hal tersebut. Jika Anda tinggal sekamar denganteman, hormati mereka dengan membangunkan mereka ketika mereka harus bekerja atau bersekolah.

  1. Bayar Sewa Tepat Waktu

Hal ini wajar, tetapi banyak sekali orang yang terlambat melakukan pembayaran dan menimbulkan masalah dengan pemilik apartemen yang harus menagih sendiri  untuk pembayaran. Sebagian besar pemilik apartemen akan meminta Anda menandatangi perjanjian sewa dengan seorang penjamin untuk menghindari situasi ini. Jika keterlambatan pembayaran sewa tidak dihindari karena keadaan yang tidak mendukung, beritahukan pada pemilik apartemen sesegera mungkin, lalu rencanakan bagaimana Anda akan membayar sewa, dan pastikan hal tersebut tidak terjadi lagi. Cara ini pilihan yang jauh lebih baik daripada Anda menyodorkan cek yang nantinya akan ditolak. Situs MoneyCrashers berpendapat bahwa seorang pemilik apartemenmenghargai kejujuran Anda dan bahwa Anda dapat mengesankannya dengan menyodorkan cek anda beberapa hari sebelumnya.

  1. Temukan Apartemen yang Tepat

Cara terbaik dalam menghindari berbagai masalah terkait sewa atau berpindah apartemen lebih cepat adalah dengan menemukan apartemen yang tepat. Anda dapat melakukan sewa  apartemen melalui situs rumah.com  dan memastikan bahwa itu adalah apartemen berkualitas dengan pemilik yang terpercaya. Selagi Anda melakukan pencarian dan melihat-lihat properti, ajaklah seseorang yang berpengalaman menyewa apartemen bersama Anda, yang mungkin dapat membantu Anda untuk melihat kekurangan yang tidak nampak, sehingga Anda dapat terhindar dari kesalahan memilih dan membantu Anda dalam mengurus surat-menyurat.

  1. Bersihkan secara Berkala

Jika Anda belum melakukan pekerjaan rumah apapun, sekarang adalah saat untuk belajar bahwa karena kelalaian Anda untuk menjaga apartemen tetap bersih dan rapi, tidak hanya membuat apartemen Anda menjadi buruk tetapi juga memiliki dampak buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan, mengundang hama, serta menyulitkan Anda untuk mendapatkan kembali uang pangkal sewa Anda.  Tidak perlu melakukan hal yang besar, Anda hanya cukup meluangkan beberapa menit setiap hari untuk bersih bersih ataumelakukan bersih-bersih setiap minggunya agar apartemen Anda rapi dan layak huni.

  1. Lakukan Dokumentasi

Membuat salinan dan dokumentasi dari semua surat-surat sewa tidak hanya membantu Anda di apartemen yang sekarang, tetapi juga dapat membantu Anda  di masa mendatang. Sebagai contoh, tangan tangan dan tanggal persertujuan sewa Anda dapat digunakan sebagai bukti sah dari dimana Anda tinggal dan berapa lama Anda tinggal dalam suatu waktu. Situs Offbeat Home menyarankan Anda membuat salinan dan menyimpan perjanjian sewa, aturan dan ketentuan apartemen, dan dokumen lainnya yang Anda tandatagani. Mengambil foto dari semua ruangan sebelum anda menempati apartemen juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali uang pangkal Anda.

Menyewa suatu apartemen merupakan langkah pertama yang  besar dan menjadi mudah bagi seseorang yang belum pernah melakukannya untuk diusir dan mendapati diri mereka dalam masalah. Tetap dengan menghargai hunian dan orang lain, mematuhi peraturan,  dan melakukan pembayaran tepat waktu dapat menghindarkan Anda dari masalah-masalah tersebut dan membuat apartemen pertama Anda sebagai tempat yang nyaman untuk dihuni.

Advertisement
6 Tips Penting dalam Sewa Apartemen | admin | 4.5