Tips Berbelanja Tepat Perlengkapan Balita

Perlengkapan Balita – Memiliki anak yang sehat dan aktif tentu menjadi kebahagiaan tak terkira bagi setiap orang tua. Memenuhi setiap kebutuhan sang buah hati merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tua. Membahagiakan putra putri tercinta dengan perlengkapan balita atau bayi terbaik haruslah dilakukan. Namun seperti yang telah diketahui, perlengkapan bayi atau balita cenderung banyak dengan harga yang juga cukup mahal. Untuk memenuhi semuanya, para orang tua harus memiliki trik tersendiri agar anggaran rumah tangga tetap seimbang.

perlengkapan balita

Perlengkapan Balita

Umumnya setelah sampai di pusat perbelanjaan, para ibu mengalami “lapar mata” saat berbelanja sehingga membuat anggaran seringkali membengkak terlalu besar. Banyak sekali barang-barang unik yang pasti akan sangat lucu jika dipakai oleh sang buah hati yang akhirnya membuat para Ibu membeli barang yang tak dibutuhkan. Untuk menghindari hal ini, maka Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini saat berbelanja perlengkapan bayi dan balita.

  • Daftar belanjaan

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah daftar barang belanjaan yang dibutuhkan. Usahakan agar daftar tersebut diurutkan mulai dari yang terpenting dan harus dimiliki, misalnya baju dan popok, kemudian berlanjut ke barang-barang bersifat sekunder seperti stroller dan lainnya. Hal ini diperlukan agar Anda bisa memilih barang-barang utama untuk dibeli terlebih dahulu. Dengan adanya skala prioritas dalam pembelian, maka Anda bisa memilah dan memilih barang yang wajib dan dapat ditunda kepemilikannya.

  • Mempersiapkan anggaran

Mengingat anggaran untuk pembelian perlengkapan balita dan bayi tidaklah kecil, maka Anda perlu mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari. Untuk pasangan baru, bisa mencoba mulai menyisihkan uang khusus untuk memenuhi perlengkapan bagi sang buah hati nantinya. Harga perlengkapan juga bayi terkadang mengalami kenaikan tanpa diketahui, jadi bawalah uang lebih untuk berjaga-jaga. Melakukan survey sebelum membeli juga patut untuk dicoba demi mengetahui anggaran dasar perbelanjaan.

  • Menghitung jumlah kebutuhan

Menentukan jumlah kebutuhan barang-barang perlengkapan juga harus dipertimbangkan, misalnya saat akan membeli celana bayi, perkirakan berapa jumlah celana yang bayi Anda perlukan dalam satu minggu dengan pertimbangan siklus pemakaian dan pencucian. Hal ini juga berlaku pada baju dan juga botol susu karena benda-benda tersebut harus dimiliki lebih dari satu.

  • Untuk pakaian, belilah dengan ukuran lebih besar

Bayi atau balita umumnya sangat cepat mengalami pertumbuhan, jadi memilih baju dan sepatu dengan ukuran pas membuat penggunaannya tidak terpakai lama. Pilihlah satu ukuran lebih besar dari ukuran asli sehingga pemakaian juga bisa lebih lama dan tentunya menghemat pembelanjaan baju.

  • Pilih kemasan besar

Membeli popok, shampo, sabun dan perlengkapan lain dengan ukuran besar bisa lebih efektif dalam harga dan juga jangka waktu pemakaian. Jika dihitung kembali, membeli perlengkapan bayi dan balita di toko grosir harganya akan lebih murah meskipun Anda harus merogoh kocek cukup dalam saat pembelian, namun barang-barang tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan membeli perlengkapan balita dan bayi. Beberapa supermarket juga sering menggelar voucher diskon pada waktu tertentu yang bisa Anda manfaatkan untuk memborong perlengkapan bayi dan balita yang Anda butuhkan dengan harga lebih murah. Selain itu cermat dalam menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran uang juga harus dilakukan demi menyeimbangkan kebutuhan sang buah hati dan juga kebutuhan rumah tangga.