Bisnis Properti di Medan Rumah atau Ruko

Bisnis Properti di Medan – Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya, perkembangan bisnis properti di kota Medan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat dari pengembangan kawasan-kawasan komersial yang dilakukan di sejumlah lokasi. Serta pembangunan hunian yang juga tak kalah dikembangkan dengan hadirnya perumahan-perumahan kelas menengah hingga kelas atas.

Bisnis Properti di Medan Rumah atau Ruko

Bisnis Properti di Medan Rumah atau Ruko

Bisnis properti di Medan memang memiliki prospek yang sangat baik dan menarik untuk digarap. Disamping infrastrukturnya yang mendukung, pertumbuhan ekonomi di Kota Medan juga terbilang cukup baik.

Medan juga termasuk salah satu kota yang pertumbuhan bisnis propertinya yang sangat pesat, selain Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Bandung, Balikpapan, serta Pekanbaru. Sehingga, tak salah jika kota ini menjadi incaran para investor atau konsumen yang ingin membeli properti sebagai investasi.

Melirik Bisnis Properti di Medan

Melihat ranumnya bisnis properti di Medan, adalah pilihan yang tepat jika Anda memilih kota ini sebagai tempat berinvestasi. Berbagai proyek skala besar mulai dari perumahan, apartemen, ruko, perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, hingga kawasan industri,semakin marak dibangun di kota yang merupakan Ibu Kota Sumatera Utara tersebut.

Namun, dengan banyaknya pilihan properti yang bisa dijadikan investasi,sebelum menjatuhkan pilihan,sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu untung dan rugi dari berbagai jenis pilihan tersebut.Para pemula yang baru terjun ke bisnis properti biasanya akan bingung memilih antara rumah atau ruko untuk menginvestasikan uang mereka.

Investasi Rumah Bisnis Properti di Medan

Selama ini, rumah merupakan jenis properti yang paling banyak diminati. Namun, sebelum memilih jenis propertiini sebagai instrumen investasi, Anda juga perlu memahami keuntungan dan kerugiannya.

Keuntungan Investasi Rumah

  1. Sangat menjanjikan, terlebih jika berada di lokasi yang strategis

Nilai jual rumah selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, terlebih jika rumah tersebut berada di lokasi yang strategis. Dalam kurun waktu yang tidak begitu lama, harga jualnya pasti sudah berlipat.

Jika ingin berinvestasi rumah di Kota Medan, belilah rumah dijual di Medan yang berada di lokasi yang belum ramai, tetapi sudah termasuk ke dalam area yang akan dibangun kawasan komersil. Harga rumah di daerah yang belum ramai seperti ini biasanya murah. Namun, jika pembangunan di daerah tersebut mulai berjalan atau bahkan sudah selesai, harganya pasti akan melejit.

  1. Mudah dijadikan jaminan

Jika dibandingkan dengan jenis properti lain seperti tanah dan ruko, rumah lebih mudah dijadikan jaminan untuk meminjam sejumlah uang di bank. Hal ini tentu sangat membantu jika Anda membutuhkan modal besar untuk berinvestasi kembali atau memulai usaha.

  1. Mudah disewakan

Keuntungan lain berinvestasi rumah adalah mudah disewakan. Dengan menyewakan rumah sebagai kontarakan atau kos, hal ini juga akan meningkatkan nilai tambah (added value) dari rumah tersebut, sehingga menaikkan harga jualnya.

Kerugian Investasi Rumah

  1. Harga menyusut sekitar 10 persen per tahun

Bangunan akan mengalami penyusutan nilai sekitar 10 persen per tahun. Untuk menaikkan nilai jualnya, maka Anda perlu melakukan renovasi, yang tentunya membutuhkan sejumlah biaya.

  1. Perlu biaya rutin dan perawatan

Jika berinvestasi rumah, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pengeluaran rutin dan perawatan. Seperti membayar tagihan listrik, mengecat ulang tembok yang kusam, memperbaiki saluran air, serta biaya-biaya lainnya.

Investasi Ruko Bisnis Properti di Medan

Dengan berkembangnya kawasan-kawasan komersil di Kota Medan, bisnis jual beli dan persewaan ruko juga semakin diminati oleh pelaku bisnis properti. Namun, sebelum menggelutinya, perhatikan dulu keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

Keuntungan Investasi Ruko

  1. Permintaan tinggi

Ruko atau rumah toko merupakan properti komersial yang biasanya dipakai sebagai lokasi usaha atau kantor.

Jika Anda memperhatikan, sangat jarang ada iklan ruko dijual atau ruko disewakan di daerah yang dekat dengan kawasan bisnis, industri, perumahan, serta hiburan.Hal ini dikarenakan permintaan ruko di daerah tersebut memang sangat tinggi. Para pelaku usaha pasti akan berlomba-lomba mencari ruko di lokasi yang ramai untuk menjalankan bisnisnya.

Jika Anda memiliki ruko di kawasan yang strategis seperti itu,tentu merupakan investasi properti yang sangat menjanjikan.

  1. Jangka waktu sewanya lama

Meskipun rumah mudah disewakan, tapi masa sewa rumah biasanya dalam jangka waktu yang pendek. Lain halnya dengan ruko. Ruko memiliki masa sewa yang lebih lama, yaitu antara 2 sampai 3 tahun.

Pelaku usaha yang menyewa ruko umumnya membutuhkan waktu dua tahun agar bisnisnya berkembang dan mendapatkan break event point. Dengan perhitungan menyewa ruko selama 3 tahun, maka pada tahun ketiga, barulah mereka akan menikmati keuntungan bisnis di lokasi ruko tersebut.

Namun, jika belum mendapatkan titik impas atau break event point dalam waktu 2 tahun, biasanya mereka akan memperpanjang masa sewanya.

  1. Return of investment bisa lebih cepat

Harga sewa ruko umumnya berkisar antara 6 sampai 9 persen dari harga ruko. Dengan demikian, maka tingkat pengembalian atau return of investment ruko bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan rumah.

Kerugian Investasi Ruko

  1. Kondisi pasar sangat memengaruhi

Karena umumnya ruko digunakan untuk tujuan bisnis, maka ruko sangat sensitif terhadap kondisi pasar. Saat kondisi pasar membaik, para pelaku bisnis akan berlomba-lomba menyewa ruko dengan harga tinggi. Namun, jika kondisi pasar tidak baik, bisa jadi harga sewa ruko akan turun dan penyewa memilih meninggalkan ruko tersebut.

  1. Sangat tergantung dengan lokasi

Ruko juga sangat tergantung dengan lokasi. Ruko yang berada di dekat trade center atau pusat perbelanjaan, tarif sewanya cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan ruko yang lokasinya kurang strategis. Jadi, Anda harus pintar-pintar memilih lokasi sebelum membeli ruko.

Itulah beberapa hal terkait keuntungan dan kerugian berinvestasi rumah dan ruko. Selain mempertimbangkan untung rugi dari kedua jenis properti tersebut, perhatikan juga daerah yang akan menjadi sasaran investasi Anda. Kira-kira, jenis properti apakah yang paling prospektif di daerah tersebut? Rumah atau toko?

Pikirkan semua hal tersebut dengan matang sebelum berinvestasi, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat!