Mengamati Pertumbuhan Bayi Baru Lahir

Advertisement

Pertumbuhan Bayi – Masa bayi merupakan masa pertama kali seorang manusia melalui tahap dalam kehidupan setelah dilahirkan dari rahim ibunya. Masa bayi merupakan masa yang rentan dan harus selalu diperhatikan, karena pada masa ini organ tubuh manusia mulai tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan bayi dari bulan ke bulan sangatlah cepat, baik pertumbuhan berat badan, panjang maupun motorik pada tubuhnya.

Pertumbuhan Bayi

Pertumbuhan Bayi

Satu tahun pertama seorang bayi akan mengalami masa pertumbuhan yang luar biasa cepatnya. Pada masa ini bayi akan mengalami perubahan fisik yang luar biasa dari seorang bayi yang selalu bergantung pada orang tua menjadi seorang bocah yang lucu dan menggemaskan. Sebagai orang tua tentu Kita tak ingin melewatkan begitu saja moment tumbuh kembang bayi Kita , perhatian, kasih sayang dan pengamatan khusus akan selalu Kita berikan kepadanya. Gerakan-gerakan reflek pada tubuh bayi akan selalu Kita dapati ketika ia baru lahir dan terus berkembang.

Berikut ini beberapa gerakan reflek yang dimiliki oleh seorang bayi yang baru lahir hingga berumur 1 bulan, antara lain:

  • Gerakan reflek menghisap pada bayi baru lahir, hal ini terjadi karena ia mencari dot atau payudara ibunya sebagai sumber makanan.
  • Memuntahkan makanan, gerakan ini biasa dilakukan oleh seorang bayi agar terhindar dari tersedak karena daya telan pada bayi belum berjalan secara maksimal.
  • Tangan bayi biasanya kan melakukan genggaman yang kuat apabila diberikan jari orang lain.
  • Saat terkejut secara otomatis seorang bayi akan membuka genggaman tangannya dan merentangkan tangan secara tiba-tiba.

Selain beberapa gerakan reflek pada tubuh bayi, pertumbuhan pada indera penglihatannya pun juga terjadi secara bertahap. Bayi yang baru lahir biasanya akan memejamkan mata, namun seiring berjalannya waktu ia akan membuka mata dengan sendirinya. Jarak penglihatan yang bisa dicapai oleh seorang bayi yang baru lahir hanya sekitar 25 cm, ia akan dapat melihat dengan jelas ketika ibu mereka menyusuinya. Jarak pandang seorang bayi akan terus berkembang hingga ia berusia 3 atau 4 bulan.

Tahap pertumbuhan bayi pun juga meliputi pertumbuhan indera pendengarannya. Bayi baru lahir belum dapat mendengar dengan sempurna, namun ia sudah dapat mendengar suara-suara lembut dengan alunan irama yang menenangkan. Suara dari seorang ibu adalah hal pertama kali yang dapat didengar oleh seorang bayi sejak dalam masa kandungan. Seorang bayi akan dapat melakukan gerakan otomatis memblokir suara, sehingga mereka dapat beristirahat dan tidak menggunakan indera pendengaran mereka secara berlebihan.

Untuk tahap pertumbuhan indera perasa yang dimiliki oleh seorang bayi baru lahir pun akan terus berkembang dari hari ke hari. Bayi yang baru keluar dari rahim seorang ibu hanya menyukai rasa manis, mereka belum dapat membedakan rasa pahit dan asam. Untuk indera penciuman seorang bayi yang baru lahir telah berkembang dengan sempurna, mereka dapat dengan mudah mengenali ASI dan bau dari payudara ibunya melalui indera penciuman yang dimilikinya.

Tahap pertumbuhan bayi dari bulan ke bulan memang sangat penting untuk diperhatikan, agar Kita tidak terlambat mengetahui jika bayi Kita mengalami keterlambatan perkembangan. Apabila hal tersebut terjadi, maka kita harus segera mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter untuk mendapatkan penjelasan dan perawatan secara khusus. Berikanlah ASI eksklusif pada bayi Kita, agar pertumbuhannya menjadi optimal, selalu ajak berkomunikasi agar mereka lebih mengerti dan menjadi lebih dekat dengan Kita.

Advertisement
Mengamati Pertumbuhan Bayi Baru Lahir | admin | 4.5