Mengenal Alergi Makanan Pada Si Kecil

Mengenal Alergi Makanan – Alergi merupakan reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh karena sistem imun yang bereaksi terhadap suatu zat yang masuk ataupun menempel atau tersentuh oleh tubuh karena dianggap berbahaya. Zat pemicu alergi atau yang disebut allergen memiliki bentuk yang berbeda misalnya suhu, debu, serbuk bunga, bulu binatang ataupun makanan. Anda harus mengenal alergi makanan yang biasanya terjadi pada anak-anak yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Mengenal Alergi Makanan

Mengenal Alergi Makanan

Mengenal Alergi makanan adalah alergi yang disebabkan karena allergen dalam bentuk makanan seperti susu, telur, kacang-kacangan. Alergi makanan lebih banyak dialami oleh anak-anak dengan prosentase sekitar 6-8% sedangkan tingkat prosentase orang dewasa hanya sekitar 3-4%. Berdasarkan pada data, anak-anak di bawah usia 5 tahun mengalami alergi makanan dengan tingkat prosentase 5% sedangkan pada tahun 1997-2007, alergi makanan untuk anak yang berusia di bawah 18 tahun meningkat hingga 18%.

Setiap anak memiliki reaksi yang berbeda, mulai dari ringan hingga berat atau parah. Reaksi alergi yang paling parah disebut anaphylaxis dan reaksi tersebut dapat menyebabkan gangguan pernafasan, penurunan tekanan darah secara dramatis serta mempengaruhi detak jantung sehingga dapat mengancam nyawa. Beberapa gejala alergi makanan yang dapat Anda perhatikan yaitu anak mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare, nyeri ulu hati, frekuensi buang air besar yang meningkat, gatal-gatal, kulit timbul bintik merah seperti biduran, anak terutama bayi menjadi rewel, terdapat lendir atau darah di kotoran

Setelah mengetahui Mengenal Alergi Makanan dan penyebabnya, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebab pastinya misalnya apakah anak alergi terhadap protein susu sapi. Jika iya, Anda dapat memeriksakan ke dokter karena sebagian anak yang mengalami alergi terhadap protein susu sapi juga mengalami alergi terhadap kacang kedelai atau soya. Jika ternyata anak Anda tidak memiliki alergi susu soya, Anda dapat memberikan susu soya seperti SGM Eksplor Soya yang mengandung formula isolat protein kedelai untuk memenuhi sumber protein yang tidak dapat dipenuhi dari susu sapi. SGM Eskplore Soya juga dilengkapi dengan presinutri+ sehingga anak tetap dapat tumbuh berkembang dan aktif menikmati masa kanak-kanak dan mencoba hal seru lainnya.